PENGEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI AJARAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA

Authors

  • Endang Surtiyoni

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.76

Abstract

Perilaku siswa sebagai seorang remaja memerlukan arahan serta bimbingan yang dapat membantu mereka meningkatkan karakter tanggung jawab. Hal ini dapat diwujudkan ketika siswa memiliki kemampuan bertanggung jawab yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP N 5Semarang, memperoleh gambaran tingkat tanggung jawab siswa di SMP N 5 Semarang, menemukan model layanan bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai ajaran Islam untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa dan mengetahui keefektifan model. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Reseach andDevelopment (RnD) dengan langkah-langkah: persiapan pengembangan model, merumuskan model hipotetik, uji kelayakan model hipotetik, perbaikan model hipotetik, uji lapangan, menyusun model akhir. Menghasilkan  model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai ajaran Islam untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa. Hasil penelitian diperoleh model bimbingan kelompok yang bisa meningkatkan karakter tanggung jawab siswa, kondisi awal tangggung jawab siswa, model bimbingan kelompok terbukti efektif untuk meningkatkan karakter tanggung jawab.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Surtiyoni, E. (2018). PENGEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI AJARAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.76

Issue

Section

Articles