MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MYOB ACCOUNTING MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Authors

  • Saman Saman SMK Muhammadiyah 4 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar MYOB Accounting melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW bagi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah  4  Sragen  pada semester V  tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada Siklus I siswa hanya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW secara klasikal, sementara pada Siklus II diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW secara kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 6 siswa. Capaian dari penelitian ini diantaranya peningkatan persentase hasil belajar siswa, dari 65% pada Pra Siklus, menjadi 78,6% pada akhir Siklus I, dan menjadi 88,5% pada akhir Siklus II. Peningkatan lainnya terjadi pada keaktifan siswa dan keaktifan guru. Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 77% pada Pra Siklus,  menjadi 89% pada Siklus I, dan menjadi  90% pada akhir Siklus II.  Sementara keaktifan guru meningkat dari 70% pada Pra Siklus,  menjadi 75% pada Siklus I, dan menjadi  87% pada akhir Siklus II.  Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran tipe JIGSAW secara tepat mampu meningkatkan hasil belajar Myob Accounting.

Downloads

Published

2019-03-03

How to Cite

Saman, S. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MYOB ACCOUNTING MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 261–274. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.8

Issue

Section

Articles