PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Moefty Mahendra

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.82

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan, kendala, dan solusi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Kenep 01 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian meliputi empat informan diantaranya kepala sekolah, guru dan karyawan, siswa serta penjaga sekolah. Alat pengumpulan data menggunakan observasi partisipasipasif, wawancara dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data penelitian ini yaitu analisis interaktif yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu dalam keabsahaan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi waktu dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dasar negeri kenep 01 yaitu, mampu memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan, dapat menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, mampu menjalin hubungan yang harmonis, tingkat kedewasaan pendidik dan tenaga pendidik, dapat bekerja secara kolaboratif dengan tim manajemen sekolah, produktif, dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan.Kendala kepemimpinan diantaranya faktor guru, siswa, dan saran prasarana. Kendala tersebut diatasi melalui pengorganisasian kepala sekolah terhadap guru dan siswa secara tegas dan disiplin sesuai tugas, pokok, dan fungsi masing-masing.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Mahendra, M. (2018). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 78–86. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.82

Issue

Section

Articles