MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEMAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA

Authors

  • Suparmi Suparmi

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Jawamateri membaca huruf jawasiswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IX A SMP Negeri2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2016/ 2017yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu75,0 mencapai ≥ 85%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa materi membaca huruf Jawa siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM 15 siswa atau 46,9%, pada siklus I, 23 siawa atau 71,9% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 69,03 setelah tindakan siklus I sebesar 78,22 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,53.

 

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Suparmi, S. (2018). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEMAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 87–95. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.83

Issue

Section

Articles