STRATEGI MENINGKATKAN EMOTION REGULATION PELAKU BULLYING MELALUI LAYANAN INFORMASI

Authors

  • Mirnayenti Mirnayenti

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.85

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas bagaimana strategi meningkatkan emotion regulastion pelaku bullying melalui layanan informasi.Pemikirandan perilaku individu sangat dipengaruhi oleh emosi itu sendiri. Siswa yang mengalami emosi negatif, namun memilikikemampuan  dalamemotion regulastion akan tetap berpikir jernih. Perilakuyang ditunjukan tetap berdasarkan logika dan kesadaran untuk tidak merugikan orang lain. Adapun perilaku yang merugikan adalah perilaku bullying, sehiggga perlu dilakukan strategi untuk meningkatkan emotion regulastion pelaku bullying melalui layanan informasi.Pelaksanaan layanan informasi dilakukan melalui beberapa lima tahap pelaksanaanyaitu: a. perencanaan kegiatan, b. pelaksanaan mengoranisasikan kegiatan, c. evaluasi, d. tindaklanjut dan e. pelaporan.Format yang digunakan dalam layanan ini adalah klasikal.Materi yang dikembangkan akan diselaraskan dengan aspek-aspek emotion regulation. Adapun fungsi yang ditekankan dalam layanan adalah pemahaman tentang emotion regulationdan bullying, pencegahan akan terjadinya gejala-gejala dalam perilaku bullying, dan pengembangan terhadap emotion regulation.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Mirnayenti, M. (2018). STRATEGI MENINGKATKAN EMOTION REGULATION PELAKU BULLYING MELALUI LAYANAN INFORMASI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 105–113. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.85

Issue

Section

Articles