PENGGUNAAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIONUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALGORITMA PERCABANGAN

Authors

  • Eka Dwi Erinawati

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.91

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Algoritma percabangan pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar bagi siswa  Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Multimedia  tahun pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada siklus I dan nilai tes pada siklus II. Hasil evaluasi belajar dari siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu rata-rata kelasnya dari 2,63 pada siklus I menjadi   2,97 atau mengalami peningkatan sebesar 0,34 dan ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 48,48 persen pada siklus I menjadi 90,91 persen atau mengalami peningkatan sebesar 42,43 persen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik melalui pembelajaran dengan penggunaan metode pembelajaran kooperatif model TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kompetensi Keahlian Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Erinawati, E. D. (2018). PENGGUNAAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIONUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALGORITMA PERCABANGAN. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 114–120. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.91

Issue

Section

Articles