KESALAHAN KONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA DAN SCAFFOLDING-NYA

Authors

  • Rivatul Ni’mah
  • Sunismi Sunismi
  • Abdul Halim Fathani

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.96

Abstract

Belajar matematika merupakan proses mengonstruksi pengetahuan dengan cara mengaitkan suatu konsep matematika yang satu dengan konsep matematika yang lain. Dalam mengonstruksi konsep matematika siswa sering mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut seringkali tercermin dalam bentuk kesalahan yang dibuat oleh siswa. Adapun bentuk-bentuk kesalahan konstruksi konsep matematika meliputi: (1) pseudo construction, (2) lubang konstruksi, (3) mis-analogical construction, dan (4) mis-logical construction. Scaffolding yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan konstruksi konsep matematika tersebut di antaranya: (1)  environmental provisions, (2) explaining, reviewing, and restructuring, dan (3) developing conceptual thinking.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Ni’mah, R., Sunismi, S., & Fathani, A. H. (2018). KESALAHAN KONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA DAN SCAFFOLDING-NYA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 162–171. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.96

Issue

Section

Articles