PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROSEDUR KEAMANAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.111Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Prosedur Keamanan dan Kesehatan Kerja. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri atas dua siklus, langkah-langkah setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw dalam pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja khususnya pada materi pokok
bahasan memahami prosedur keamanan dan kesehatan kerja dapat meningkatkan keaktifan fisik
maupun afektif siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya presentase rata-rata keaktifan siswa
sebesar sebesar 9,96%, yaitu dari siklus I sebesar 51,35% menjadi 61,31% pada siklus II dan
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja
khususnya pada materi pokok bahasan memahami prosedur keamanan dan kesehatan kerja dapat
meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari segi ketuntasan klasikal. Hal ini terlihat dari
meningkatnya presentase ketuntasan klasikal sebesar 13,67%, yaitu dari siklus I sebesar 78%
menjadi 91,67% pada siklus II.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.