PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TEORI PIRIE DAN KIEREN

Authors

  • Fatrima Santri Syafri
  • Dodi Isran

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.112

Abstract

Pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan berbagai landasan teori pembelajaran yang dapat diterapkan
dalam kegiatan pembelajaran matematika. Banyak penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dalam hal
penggunaan teori dalam mengajar matematika. Teori pembelajaran matematika yang cukup terkenal dan sering
digunakan dalam hal penelitian dalam bidang pembelajaran matematika diantaranya adalah Teori APOS dari
Ed Dubinsky, teori Van Hiele, teori Brune, teori Piaget, Model teori Pirie Dan Kieren, masih banyak lagi
teori-teori belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Pemahaman matematika sangat perlu
diketahui oleh seorang pengajar agar mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan
pemahaman matematika. Pentingnya pemahaman matematika yang seperti dijelaskan tersebut, dijelaskan pada
teori belajar tentang perkembangan pemahaman matematika yaitu Model teori Pirie Dan Kieren. Level
perkembangan pemahaman matematika tersebut antara lain adalah primitive knowing(Pk), image making(Im),
image having(Ih), property noticing(Pn), formalising (F), observing(O), structuring(S), dan inventising(Iv).

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Syafri, F. S., & Isran, D. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TEORI PIRIE DAN KIEREN. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.112

Issue

Section

Articles