MODEL KOOPERATIF JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.13Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penggunaan model kooperatif jigsaw dan NHT dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berlangsung secara berkesinambungan. Setiap siklus terdiri atas tiga kegiatan yaitu perencanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 32 anak yang terdiri dari 14 perempuan dan 18 laki – laki di SMP Negeri 2 Kerjo Semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran mata pelajaran Matematika.Pada saat Pra Siklus, hasil belajar peserta didik yang tuntas baru mencapai 65,625 % dengan nilai rata-rata 74,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,63%. Siklus I prosentasenya naik menjadi 68,75% dengan nilai rata-rata 75,28 di Siklus II menjadi 93,75% dengan nilai rata-rata 79,5. Rata-rata kreatifitas belajar pada siklus I sebesar 2,47 pada katagori cukup (C), siklus II rata-rata 3,47 pada katagori baik (B), sehingga terjadi peningkatkan kreatifitas belajar. Pada siklus I tidak ada siswa yang memiliki kreatifitas belajar pada katagori sangat baik (SB), sedangkan pada siklus II terdpat 17 siswa atau 53,13% dari 32 siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.