Penggunaan Metode Artikulasi untuk Mengajar Passive Voice
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.137Keywords:
artikulasi, metode mengajar, pasive voiceAbstract
Bahasa Inggris masih menjadi pelajaran yang tidak menarik minat siswa untuk dipelajari sehingga masih banyak siswa yang tidak memiliki nilai maksimal untuk pelajaran bahasa Inggris. Penerapan metode pendidikan artikulasi dapat menarik minat siswa untuk belajar bahasa Inggris, artikulasi khususnya pada penelitian kali ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil data penelitian dari interaksi siswa dengan guru dan interaksi siswa dengan siswa pada pembahasan Passive Voice, melalui perekaman dengan alat video. Sedangkan untuk tehnik pengumpulan data adalah wawancara dengan guru dan siswa, observasi keadan proses pembelajaran dan dokumentasi pencatatan atas perekaman video yang telah dilakukan. Penerapan artikulasi dikelas XI SMA Muhammadiyah Sukoharjo: a. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, b. Guru menyajikan materi sesuai tujuan pembelajaran, c. untuk mengetahui daya serap siswa, sehingga dibentuk kelompok berpasangan dua orang, d. menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya, e. menugaskan siswa secara bergiliran atau diacak menyampaikan hasil wawancaranya, f. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa, g. Kesimpulan/penutup. Metode artikulasi ini telah membuat siswa menjadi lebih perhatian kepada mata pelajaran bahasa Inggris. Metode artikulasi telah membuat siswa bangga jika dapat menerangkan secara komplit kepada temannya, dan bisa membuat teman lebih faham
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.