Model Student Team Achievement Devision untuk Meningkatkan Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.140Keywords:
Student Team Achievement Devision, Minat Belajar, Pekerjaan Dasar Teknik OtomotifAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penggunaan metode STAD dalam meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PDTO. Bentuk penelitian tindakan kelas berdasarkan siklus kegiatan yang sudah direncanakan. Pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, ulangan harian, dan lembar observasi. Pada siklus 1 hasil belajar siswa 6,43 menjadi 7,36 pada silklus II dan 7,89 pada siklus III. Hasil observasi menunjukkan kenaikan dimana pada siklus II naik sebesar 16,66 % dari pembelajaran siklus I. Pada observasi siklus III naik 14,59 % dibandingkan dengan siklus II. Dari hasil observasi dikelas, menunjukkan siswa yang berkemampuan tinggi terlihat lebih aktif dan antusias, sehingga memuncul kerjasama saling membantu serta berbagi pendapat dalam menyelesaikan tugas. Dari 7 kelompok, 80 % dapat menyelesaikan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa mampu menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dipahami dan dikuasai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas proses belajar mengajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.