Studi Komparasi Metode Student Teams Achievement Divisions dan Metode Jigsaw terhadap Prestasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.143Keywords:
STAD, JOGSAW, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika tentang metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok soal persamaan garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 3 Sengah Temila pada akademik 2017/2018 kabupaten landak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi penelitian komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sengah Temila pada 13 Maret - 22 Maret 2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri 3 Sengah Temila yang terdiri dari 57 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik daripada Jigsaw. Berdasarkan nilai rata-rata kelas VIIA menggunakan Metode STAD 80,55 dan kelas VIIB menggunakan model pembelajaran Jigsaw 75,71. Pengujian hipotesis terhadap hasil uji-t diperoleh thitung = 2,153 sedangkan ttabel = 2,004. Ini menunjukkan t hitung> t tabel atau 2,153> 2,004. H0 ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan antara penggunaan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw pada prestasi belajar matematika siswa pada garis subjek dan sudut kelas VII di SMP Negeri 3 Sengah Temila 2017/2018 tahun ajaran Kabupaten Landak
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.