Penerapan Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.147Keywords:
Student teams achievement divisons, Hasil Belajar, AnimasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penerapan student teams achievement divisons untuk meningkatkan hasil belajar animasi siswa SMK . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada Siklus I siswa hanya diberikan tugas dan pertanyan lisan, sementara pada Siklus II menerapkan student teams achievement divisons . Capaian dari penelitian ini diantaranya peningkatan persentase hasil belajar siswa, dari 61% pada Pra Siklus, menjadi 77,4% pada akhir Siklus I, dan menjadi 83% pada akhir Siklus II. Peningkatan lainnya terjadi pada keaktifan siswa dan guru. Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 67,7% pada Pra Siklus, menjadi 74% pada Siklus I, dan menjadi 87% pada akhir Siklus II. Sementara aktivitas guru meningkat dari 74% pada Pra Siklus, menjadi 80% pada Siklus I, dan menjadi 87% pada akhir Siklus II. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penerapan student teams achievement divisons secara tepat mampu meningkatkan hasil belajar animasi siswa SMK.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.