Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa SMAN 8 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.148Keywords:
Fisika, problem based learning, hasil belajarAbstract
Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mendasari perkembangan teknologi maju dan konsep hidup harmonis dengan alam.Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan diterapkannyaModel Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Fisika pada Siswa SMAN 8 Palembang?”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika setelah diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learningpeserta didik Kelas X IPA 2 SMA Negeri 8 Palembang.penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan komponen tindakannya adalah perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).Model Pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkanhasil belajar siswa dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu Pra siklus (44,44%,), siklus I (72,22%,), siklus II (97,22%). PenerapanModel Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang ditunjukan dengan hasil observasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.