PENGARUH KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Broto Apriliyanto SMA Negeri 1 Wuryantoro

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.15

Abstract

Hasil belajar Matematika dipengaruhi faktor internal dan eksternal dari diri siswa. Salah satu faktor internal yang berpengaruh adalah sikap tertib dalam belajar dan kegiatan pembelajaran. Tata tertib sekolah diharapkan mampu mengarahkan siswa pada perilaku yang taat dan disiplin terhadap peraturan yang berlaku yang akhirnya berimbas pada ketertiban dalam belajar. Potensi dan prestasi siswa dalam belajar diharapkan dapat berkembang dengan adanya kedisiplinan belajar yang baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Disiplin merupakan aspek yang penting dalam belajar Matematika karena siswa mendapat kesempatan untuk melatih diri berpikir yang tertib, taat azaz, dan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yang melibatkan 30 siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan ketaatan siswa sudah baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Apriliyanto, B. (2018). PENGARUH KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 301–310. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.15

Issue

Section

Articles