PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI BERMAIN DENGAN LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Authors

  • Agus Diarto

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.16

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok pembelajaran berorientasi bermain dengan kelompok pembelajaran latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015, Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran berorientasi bermain dengan pembelajaran gaya latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan eksperimen, dengan pola M-S (Matched Subject Designs) menggunakan ordinal pairing. Populasi adalah siswa Putra kelas 1 SMP Negeri 2 Kartasura berjumlah 120 siswa. Sampling dengan proporsional random sampling.Analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) pada taraf signifikansi 5 %. Dari hasil perhitungan nilai t hitung = 3,076 lebih besar dari t tabel = 1,69 (t hitung = 3,076 > t tabel = 1,69). Dengan demikian hipotesa nol ditolak, berarti terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok pembelajaran berorientasi bermain dengan kelompok pembelajaran gaya latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pengaruh Pembelajaran berorientasi bermain sebesar 8 % lebih baik daripada pengaruh pembelajaran gaya latihan sebesar 3,2 % terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Diarto, A. (2018). PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI BERMAIN DENGAN LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 311–318. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.16

Issue

Section

Articles