PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI BERMAIN DENGAN LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.16Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok pembelajaran berorientasi bermain dengan kelompok pembelajaran latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015, Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran berorientasi bermain dengan pembelajaran gaya latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan eksperimen, dengan pola M-S (Matched Subject Designs) menggunakan ordinal pairing. Populasi adalah siswa Putra kelas 1 SMP Negeri 2 Kartasura berjumlah 120 siswa. Sampling dengan proporsional random sampling.Analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) pada taraf signifikansi 5 %. Dari hasil perhitungan nilai t hitung = 3,076 lebih besar dari t tabel = 1,69 (t hitung = 3,076 > t tabel = 1,69). Dengan demikian hipotesa nol ditolak, berarti terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok pembelajaran berorientasi bermain dengan kelompok pembelajaran gaya latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pengaruh Pembelajaran berorientasi bermain sebesar 8 % lebih baik daripada pengaruh pembelajaran gaya latihan sebesar 3,2 % terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.