PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS

Authors

  • Mahsun Alwa'id MAN 1 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.163

Keywords:

Metode Pembelajaran, Supervisi klinis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis melalui penelitian ini adalah, apakah supervisi klinis mampu meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian  ini  termasuk  Penilitian  Tindakan  Sekolah. Subjek Penelitian adalah Guru di  MAN 1 Semarang, Kabupaten Semarang pada Tahun Pelajaran 2018/2019.. Teknik pelaksanaan diawali dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi serta tindak lanjut. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pelaksanaan kegiatan pada tiap tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat menguasai indikator yang ada dalam menentukan metode pembelajaran dan mencari metode yang benar-benar tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas dan lingkungan sekolah itu sendiri yang selanjutnya memberikan manfaat bagi peningkatan prestasi belajar siswa dan peningkatan mutu sekolah.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Alwa’id, M. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 208–213. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.163

Issue

Section

Articles