PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.163Keywords:
Metode Pembelajaran, Supervisi klinisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis melalui penelitian ini adalah, apakah supervisi klinis mampu meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian ini termasuk Penilitian Tindakan Sekolah. Subjek Penelitian adalah Guru di MAN 1 Semarang, Kabupaten Semarang pada Tahun Pelajaran 2018/2019.. Teknik pelaksanaan diawali dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi serta tindak lanjut. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pelaksanaan kegiatan pada tiap tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat menguasai indikator yang ada dalam menentukan metode pembelajaran dan mencari metode yang benar-benar tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas dan lingkungan sekolah itu sendiri yang selanjutnya memberikan manfaat bagi peningkatan prestasi belajar siswa dan peningkatan mutu sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.