PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWER POINT
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.168Keywords:
Model pembelajaran, media powerpoint, hasil belajar, matematika, Student Team Achievement DivisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Kesebagunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IX J SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IXJ SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 75,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,0 mencapai ≥ 80%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Kesebangunan pada siswa kelas IX J SMP Negeri 2 Mojolaban tahun pelajaran 2018/ 2019. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 30,3%, pada siklus I, 66% dan pada siklus II, 84,84%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 60,45, siklus I menjadi 69,84, dan siklus II menjadi 78,93.Downloads
Published
2019-12-31
How to Cite
Nuryatni, S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWER POINT. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 253–265. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.168
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.