PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Authors

  • Suratmin Suratmin SMP Negeri 2 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.169

Keywords:

Prestasi Belajar Menulis Teks Procedure, Model Pembelajaran, Make a Match

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IX F semester 1 SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2018 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X F sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai bahasa Inggris rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 70,14,  pada siklus I sebesar 75,25 dan pada siklus II sebesar 803. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 53,1%, siklus I sebesar 71,8% dan siklus II sebesar 90,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar menulis teks procedure bahasa Inggris siswa kelas IX F semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019”.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Suratmin, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 266–277. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.169

Issue

Section

Articles