PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA MATERI PENYAJIAN KARYA MUSIK MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI SMA NEGERI 1 MAUMERE
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.171Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan peningkatan hasil belajar seni music pada materi penyajian karya musik siswa di kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Maumere dengan menggunakan Media Audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian adalah seorang peneliti dan dibantu oleh pengamat yaitu kolega dan juga didukung oleh alat-alat lain seperti laptop, speaker, musik, video dan audiovisual (VCD). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian kepustakaan, observasi, tindakan dan mengambil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran seni musik di kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Maumere dapat meningkatkan hasil belajar seni musik . Pada siklus pertemuan kognitif yang pertama, skor rata-rata adalah 56,76%, sedangkan pada siklus pertemuan psikoomotor yang pertama, skor rata-rata 59,12% dan pada siklus pertemuan kognitif yang kedua, skor rata-rata 83,82. %, sedangkan pada siklus psikomotor kedua, skor rata-rata pertemuan 83,24%. Jadi, dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar seni music dengan menggunakan media audiovisual dan target yang dicapai telah berhasil.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.