Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita dalam Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.173Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, media audio visual, kemampuan menulis beritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses menulis teks berita melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016, dan (2) kualitas hasil menulis teks berita melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/ 2016 sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media audio visual terbukti dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar menulis teks berita siswasiswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016; dan (2) Peningkatan kualitas proses belajar menulis teks berita siswa ditandai dengan meningkatnya keaktivan dan keantusiasan siswa, partisipasi siswa, perhatian siswa, aktivitas saat melaksanakan pengamatan dan wawancara, dan keaktivan siswa dalam kerja kelompok.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.