Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran “Dakarso”

Authors

  • Ch. Erni Kartikawati

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.176

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah (1) Meningkatkan motivasi siswa kelas X AK 2  SMK Negeri 4 Klaten melalui media pembelajaran Dakarso, (2) Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 4 Klaten pada materi jenis dan fungsi rumus statistik melalui media pembelajaran Dakarso. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus dan pada  setiap sikus meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut : Perencanaan; Pelaksanaan; Observasi; Evaluasi; dan Refleksi.  Guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam melakukan kegiatan belajar guru menggunakan media pembelajaran berupa dakon dan kartu soal yag disebut Dakarso. Setiap media dimainkan oleh dua siswa, sehingga sekelas ada 18 kelompok. Pembelajaran diawali dengan penjelasan permainan Dakarso, pembelajaran dengan Dakarso, dan diakhiri dengan evalasi pada akhir siklus. Dari penelitian yang dilakukan melalui 2 (dua) siklus, terhadap Siswa Kelas X AK 2 SMK N 4 Klaten pada semester Gasal Tahun 2018 materi jenis dan fungsi rumus statistik dapat dilihat adanya peningkatan motivasi dan prestasi  belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar dari kategori Sedang pada siklus I sebesar 89% turun menjadi 28%, dan pada kategori Tinggi pada siklus I sebesar 11% naik menjadi 72%, sedang pada prestasi belajar siswa  ada peningkatan dari rata rata kelas 67,4 pada pra siklus, siklus I sebesar 75,83 dan pada siklus II rata rata nilai menjadi 83,47.

Downloads

Published

2020-04-25

How to Cite

Kartikawati, C. E. (2020). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran “Dakarso”. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 14–22. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.176

Issue

Section

Articles