Penggunaan Media Beruang Antik Berbasis STEAM pada Materi Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.249Keywords:
STEAM, media beruang antik, pandemi covid-19Abstract
Kondisi pada wabah Pandemi Covid -19 yang sedang mewabah di Indonesia ini sangat berpengaruh di segala eknik, salah satunya di bidang pendidikan. Dunia pendidikan merasakan dampak yang sangat luar biasa terutama guru dalam proses belajar, agar pembelajaran tetap menyenangkan meskipun belajar di rumah. Sehingga guru diminta dan dipaksa untuk menbuat perangkat pembelajaran sebagai solusi dan inovasi melalui pemanfaatan berbagai perangkat pembelajaran serta aplikasi daring (online). Media pembelajaran Beruang Antik berbasis STEAM diantaranya disiplin sains, teknologi, Teknik, seni, dan matematika ini peserta didik diajak untuk dapat berpikir secara kritis dengan metode belajar memecahkan masalah serta dapat menggunakan kecanggihan alat teknologi dan strategi belajar yang aktif dan kreatif. Media Beruang Antik dapat membantu peserta didik meningkatkan keterampilan perpikir kreatif dan keterampilan berkomunikasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran, media Beruang Antik memberdayakan keterlibatan orang tua, untuk mengarahkan peserta didik menyelesaikan masalah, mendorong peserta didik berekplorasi, menemukan cara-cara baru. Keterlibatan Orang tua inilah yang akan membuat pembelajaran secara daring menggunakan Media Berung Antik ini dapat berjalan maksimal.
Kata kunci : Pandemi Covid-19, Media Beruang Antik, STEAM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.