Penggunaan Media Beruang Antik Berbasis STEAM pada Materi Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ani Kholifatul Khoir SD Negeri Banggle 02 Kabupaten Blitar

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.249

Keywords:

STEAM, media beruang antik, pandemi covid-19

Abstract

Kondisi pada wabah Pandemi Covid -19 yang sedang mewabah di Indonesia ini sangat berpengaruh di segala eknik, salah satunya di bidang pendidikan. Dunia pendidikan merasakan dampak yang sangat  luar biasa terutama guru dalam proses belajar, agar pembelajaran tetap menyenangkan meskipun belajar  di rumah. Sehingga guru diminta dan dipaksa untuk menbuat perangkat pembelajaran sebagai solusi dan inovasi melalui pemanfaatan berbagai perangkat pembelajaran serta aplikasi daring (online). Media pembelajaran Beruang Antik berbasis  STEAM diantaranya disiplin sains, teknologi, Teknik, seni, dan matematika ini peserta didik diajak untuk dapat berpikir secara kritis dengan metode belajar memecahkan masalah serta dapat menggunakan kecanggihan alat teknologi dan strategi belajar yang aktif dan kreatif. Media Beruang Antik dapat membantu peserta didik meningkatkan keterampilan perpikir kreatif dan keterampilan berkomunikasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran, media Beruang Antik memberdayakan keterlibatan orang tua, untuk mengarahkan peserta didik menyelesaikan masalah, mendorong peserta didik berekplorasi, menemukan cara-cara baru. Keterlibatan Orang tua inilah yang akan membuat pembelajaran secara daring menggunakan Media Berung Antik ini dapat berjalan maksimal.

Kata kunci : Pandemi Covid-19, Media Beruang Antik, STEAM

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Khoir, A. K. (2021). Penggunaan Media Beruang Antik Berbasis STEAM pada Materi Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.249

Issue

Section

Articles