Peningkatan Rutinitas Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Terencana di Sekolah Dasar

Authors

  • Diyassi Diyassi

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.177

Abstract

Abstrak

Penelitian ini untuk meningkatkan rutinitas guru dalam menyusun RPP  melalui bimbingan terencana. Penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Khusus pelaksanaan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan yang dilakukan lewat bimbingan terencana Subjek penelitian guru kelas dan obyek penelitian adalah rutinitas menyusun RPP Tematik Kurikulum 2013 dengan alat pengumpul data IPKG I. Teknik analisis data  kuantitatif yang berupa nilai angka dengan cara membandingkan perolehan pada siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian adalah melalui bimbingan terencana dapat meningkatkan rutinitas guru menyusun RPP Tematik Kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Wonokarto Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri semester I tahun pelajaran 2018/2019. Hasil ini dibuktikan rutinitas guru menyusun RPP Tematik saat awal dengan nilai terendah 37,5 klasifikasi E atau Sangat Kurang dan nilai tertinggi 55 klasifikasi C atau Cukup,  pada siklus I nilai terendah 52,5 klasifikasi D atau Kurang dan nilai tertinggi 75 klasifikasi B, dan pada siklus II nilai terendah 67,5 klasifikasi C dan nilai tertinggi 90 klasifikasi A atau Amat Baik. Artinya ada kenaikan dari kondisi awal sampai siklus II dari nilai terendah 37,5 menjadi 67,5 artinya dari klasifikasi E Sangat Kurang menjadi klasifikasi C Cukup,  dan nilai tertinggi dari 55 menjadi 90 artinya dari klasifikasi C Cukup menjadi klasifikasi A Amat Baik dan rata-rata  dari kondisi awal sampai siklus II  dari 43,1 menjadi 85 artinya dari klasifikasi E Sangat Kurang menjadi  B Baik, dengan demikian indikator kinerja tercapai dan hipotesis terbukti.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Diyassi, D. (2020). Peningkatan Rutinitas Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Terencana di Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 22–33. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.177

Issue

Section

Articles