Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Authors

  • Sonya Kristiani Maria

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.178

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan kartu kata sebagai media pada siswa kelas II SD Katolik Nitakloang. Jenis penelitian ini merupakan PTK. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas II SD KatolikNitakloang yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan membaca, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas II SD Katolik Nitakloang dapat meningkat dengan rata-nilai siklus I pertemuan I mencapai 68,75 dan siklus I pertemuan II rata-rata nilai mencapai 79,75. Dari siklus II pertemuan I rata-rata nilai mencapai 85,25 dan siklus II pertemuan II rata-rata nilai mencapai 93,25. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar 73,75%. Melihat kekurang pada siklus I maka dilakukan perbaikan proses pembelajaran, pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 96,88%. Dilihat dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas II SD Katolik Nitakloang dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media kartu kata dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi memba calancar.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Maria, S. K. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.178

Issue

Section

Articles