MANAJEMEN TAMAN TERINDAH (KAJIAN ALTERNATIF PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KHUSUS)

Authors

  • Dwi Hanggoro PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.184

Keywords:

manajemen taman terindah

Abstract

Sebuah kajian alternatif pengembangan pendidikan khusus bagaimana implementasi dan dampak dari pengembangan manajemen Taman Terindah yang dilaksanakan di salah satu sekolah yang memberikan pelayanan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yaitu SLB Negeri Boyolali. Adapun tahapan implementasinya adalah; (1) perumusan konsep, (2) implementasi, (3) evaluasi. Hasil dari penerapan konsep Manajemen Taman Terindah menunjukkan realisasi program kemandirian sebesar 80%, keterampilan 50% dan ibadah terealisasi 83%. Kesimpulannya dengan mengimplementasikan konsep Manajemen Taman Terindah ada peningkatan realisasi progam kemandirian, keterampilan dan ibadah dibanding dengan sebelum ada penerapan Manajemen Taman terindah.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Hanggoro, D. (2020). MANAJEMEN TAMAN TERINDAH (KAJIAN ALTERNATIF PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KHUSUS). Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 134–145. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.184

Issue

Section

Articles