PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.190Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020 sebanyak 28 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjekpelaku tindakan adalah guru IPA kelas VIII G selaku guru, teman sejawat selaku subjekyang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjeksumber data.Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,36, pada siklus I sebesar 74,46 dan pada siklus II sebesar 81,03. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 46,43%%, pada siklus I sebesar 71,43% dan pada siklus II sebesar 92,86%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.