PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Sukirnadi Sukirnadi SMP Negeri 1 Bulu, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020  sebanyak 28  siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjekpelaku tindakan adalah guru IPA kelas VIII G selaku guru, teman sejawat selaku subjekyang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjeksumber data.Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar  IPA siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar  IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,36, pada siklus I sebesar 74,46 dan pada siklus II sebesar 81,03. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 46,43%%, pada siklus I sebesar 71,43% dan pada siklus II sebesar 92,86%.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Sukirnadi, S. (2020). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII SMP. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 210–221. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.190

Issue

Section

Articles