PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING SKILL
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.192Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keaktifan serta hasil belajar yang rendah pada Mata Pelajaran PKKR (Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan) siswa kelas XII TKRO2 SMKN 1 Kalijambe dan (2) penerapan pembuatan video praktikum PKKR sebagai upaya meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan tes dan melalui observasi. Penelitian menunjukkan hasil (1) Pada pembelajaran praktikum peserta didik tidak aktif, motivasi siswa dalam pembelajaran rendah menyebabkan nilai tiori yang rendah dengan soal HOTS dan (2) penerapan model pembuatan video praktikum PKKR dapat meningkatkan motivasi dan juga nilai tiori dengan soal HOTS dari kondisi awal ke siklus 2, misalnya pada kondisi awal rerata nilai 64,0, adapun pada siklus 2 menjadi 78,2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.