Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.198Keywords:
Blended LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan di SMA Veteran 1 Sukoharjo di era pandemi Covid-19, baik itu dilihat dari kebijakan sekolah, media pembelajaran, maupun metode pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif diaman sumber data penelitian diambil menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat dijumpai beberapa masalah di lapangan antara lain : (a) pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal, (b) banyak siswa yang merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran daring, (c) kondisi finansial dan koneksi internet siswa yang berbeda-beda, dan (d) banyak siswa yang kurang disiplin dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu pihak sekolah mengeluarkan beberapa kebijakan antara lain: (1) penerapan jadwal pembelajaran per minggu, (2) penerapan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran utama,(3) peran wali kelas sebagai pendamping pembelajaran siswa, serta (4) penerapan metode blended learning program untuk kelas unggulan. Kebijakan-kebijakan tersebut dikeluarkan agar implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMA Veteran 1 Sukoharjo dapat berjalan dengan efektif.
Kata Kunci: Covid-19, Blended Learning, E-Leraning, Pembelajaran Jarak Jauh, Whatsapp.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.