BENTUK SANTUN BERBAHASA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suparmin Suparmin Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk santun berbahasa dalam percakapan di kelas. interaksi antara siswa dengan guru.  Jenis pendekatan yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif.  Kegiatan penelitian ini dengan menggunakan metode pengumpulan data, yaitu metode simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan catat. Data penelitian berwujud ungkapan bahasa berupa kata-kata dan kalimat penutur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data lisan yang berupa peristiwa tutur antara para penutur, yaitu antara siswa dengan guru. Bentuk santun berbahasa siwa ketika berinteraksi dengan guru  dalam  pembelajaran di kelas, sangat dominan diwujudkan melalui tiga modus tuturan yaitu: 1)  permintaan; 2) permohonan; dan 3) mengharap. Meminta merupakan tindak kesantunan direktif  yakni memiliki tujuan mengharapkan kepada mitra tutur supaya diberi sesuatu seperti yang diminta oleh penutur.

Downloads

Published

2019-03-08

How to Cite

Suparmin, S. (2019). BENTUK SANTUN BERBAHASA DI SEKOLAH DASAR. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 331–339. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.21

Issue

Section

Articles