BENTUK SANTUN BERBAHASA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.21Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk santun berbahasa dalam percakapan di kelas. interaksi antara siswa dengan guru. Jenis pendekatan yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif. Kegiatan penelitian ini dengan menggunakan metode pengumpulan data, yaitu metode simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan catat. Data penelitian berwujud ungkapan bahasa berupa kata-kata dan kalimat penutur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data lisan yang berupa peristiwa tutur antara para penutur, yaitu antara siswa dengan guru. Bentuk santun berbahasa siwa ketika berinteraksi dengan guru dalam pembelajaran di kelas, sangat dominan diwujudkan melalui tiga modus tuturan yaitu: 1) permintaan; 2) permohonan; dan 3) mengharap. Meminta merupakan tindak kesantunan direktif yakni memiliki tujuan mengharapkan kepada mitra tutur supaya diberi sesuatu seperti yang diminta oleh penutur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.