Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Pajak di SMK
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.215Keywords:
problem based learningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Problem Based Learning pada pelajaran Administrasi Pajak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Skor rata-rata kinerja guru pada siklus I 75 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,83 dengan kreteria baik, sehingga telah memenuhi indikator penelitian. Rata-rata motivasi peserta didik dari 68,75 % di siklus I meningkat menjadi 89,38 % di siklus II ada peningkatan sebesar 20,63. Sedangkan untuk nilai keterampilan pada siklus I rata-rata 75,59 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,54. Untuk Kompetensi pengetahuan ketuntasan klasikal pada sikus I 68,75 % kemudian di siklus II 93,75 % ada peningkatan sebesar 25 %. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penggunaan metode Problem Based Learning secara tepat mampu meningkatkan hasil belajar Administrasi Pajak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.