Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Pajak di SMK

Authors

  • Nur Atik Juwanti SMK Negeri 1 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.215

Keywords:

problem based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan  hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Problem Based Learning pada pelajaran Administrasi Pajak.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Skor rata-rata kinerja guru pada siklus I 75 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,83 dengan kreteria baik, sehingga telah memenuhi indikator penelitian. Rata-rata motivasi peserta didik dari 68,75 % di siklus I meningkat menjadi 89,38 % di siklus II ada peningkatan sebesar 20,63.  Sedangkan untuk nilai keterampilan pada siklus I rata-rata 75,59 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,54. Untuk Kompetensi pengetahuan ketuntasan klasikal pada sikus I 68,75 % kemudian di siklus II 93,75 % ada peningkatan sebesar 25 %.  Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penggunaan metode Problem Based Learning secara tepat mampu meningkatkan hasil belajar Administrasi Pajak.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Juwanti, N. A. (2020). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Pajak di SMK. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 88–97. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.215

Issue

Section

Articles