Dekonstruksi Ideologi Pendidikan dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Indah Lylys Mustika Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Wahono Saptomo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Titik Sudiatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.219

Keywords:

Dekonstruksi Ideologi Pendidikan, Novel Ayah, Bahan Ajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dekonstruksi ideologi pendidikan pada novel Ayah karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni pemecahan masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampil sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, baca dan catat. Teknik pustaka digunakan untuk memperoleh dasar-dasar berbagai literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti lalu dilanjutkan membaca keseluruhan isi novel secara berulang-ulang dan diakhiri dengan pencatatan teks yang berkaitan dengan Dekonstruksi Ideologi Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dekonstruksi ideologi pendidikan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, diperoleh dengan mengkritisi beberapa aspek di dalam karya sastra, seperti: (a) Pemertahanan Tatanan Sosial dan (b) Penerimaan Perubahan Zaman. Pemertahanan tatanan sosial dalam novel Ayah pengarang menghadirkan bentuk-bentuk konstruksi dinamis tentang ideologi konservatif dan ideologi moderen melalui teks dalam novelnya. Sedangkan dalam penerimaan perubahan zaman, ideologi pendidikan sebagai proses perubahan sikap tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan yang sesuai dengan perubahan zaman. (2) Relevansi dekonstruksi ideologi pendidikan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar di tingkat SMA (kelas XI-XII). Kompetensi Dasar menganalisis isi dan kebahasaan novel (berita, iklan, editorial/opini, novel) yang dibaca dan didengar.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Mustika, I. L., Saptomo, S. W., & Sudiatmi, T. (2021). Dekonstruksi Ideologi Pendidikan dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.219

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)