Dekonstruksi Ideologi Pendidikan dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.219Keywords:
Dekonstruksi Ideologi Pendidikan, Novel Ayah, Bahan AjarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dekonstruksi ideologi pendidikan pada novel Ayah karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni pemecahan masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampil sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, baca dan catat. Teknik pustaka digunakan untuk memperoleh dasar-dasar berbagai literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti lalu dilanjutkan membaca keseluruhan isi novel secara berulang-ulang dan diakhiri dengan pencatatan teks yang berkaitan dengan Dekonstruksi Ideologi Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dekonstruksi ideologi pendidikan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, diperoleh dengan mengkritisi beberapa aspek di dalam karya sastra, seperti: (a) Pemertahanan Tatanan Sosial dan (b) Penerimaan Perubahan Zaman. Pemertahanan tatanan sosial dalam novel Ayah pengarang menghadirkan bentuk-bentuk konstruksi dinamis tentang ideologi konservatif dan ideologi moderen melalui teks dalam novelnya. Sedangkan dalam penerimaan perubahan zaman, ideologi pendidikan sebagai proses perubahan sikap tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan yang sesuai dengan perubahan zaman. (2) Relevansi dekonstruksi ideologi pendidikan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar di tingkat SMA (kelas XI-XII). Kompetensi Dasar menganalisis isi dan kebahasaan novel (berita, iklan, editorial/opini, novel) yang dibaca dan didengar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.