PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA

Authors

  • Suyono Suyono

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dengan pendekatan inkuiri melalui metode eksperimen pada siswa kelas XII IPA8 SMA Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian tindakan kelas (action research) data dikumpulkan dengan tes tertulis untuk pengetahuan. Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri menggunakan metode eksperimen memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran yaitu rata-rata prestasi hasil belajar 65,0 dengan ketuntasan 60,60% pada siklus I menjadi rata-rata prestasi hasil belajar 85,10 dengan ketuntasan 93,93% pada siklus II.

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Suyono, S. (2018). PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 340–345. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.22

Issue

Section

Articles