Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.226Keywords:
keaktifan, hasil belajar, quantum teaching, akuntansiAbstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi perusahaan dagang bagi peserta didik kelas XII AK 4 semester ganjil SMK Negeri 1 Sragen tahun 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian dikatakan berhasil jika peserta didik mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dengan prosentase keaktifan sebesar 53 % pada siklus I, meningkat menjadi 85 % pada siklus II, 2) Peserta didik yang mendapat nilai dengan predikat B di siklus I sebesar 50% mengalami peningkatan 25%, pada siklus II naik menjadi 75%. Rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 73,78 di siklus I meningkat menjadi 80,78 di siklus II atau meningkat 7 poin. Nilai rata-rata pada siklus I 75 meningkat menjadi 82 pada siklus II, terjadi peningkatan 7 poin
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.