Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Eny Pujihastuti SMK NEGERI 1 SRAGEN

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.227

Keywords:

make a match, prestasi belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sragen dengan subyek pesertadidik kelas XI dengan jumlah anak 36 anak. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan,yaitu perencanaan,tahap pelaksanaan, tahap observasi dan yang terakhir tahap analisis dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran kooperatif  make a match dapat meningkatkan skor  rata-rata kinerja guru padasiklus I 74,83%mengalamipeningkatanpada siklus II menjadi 81,5% dengan kriteria baik ada peningkatan 6,67% sehingga telah memenuhi indicator  penelitian. Rata-rata peran aktif peserta didik dari 67,74 % di siklus I meningkat menjadi 86,45% di siklus II ada bukti peningkatan sebesar18,71%. Sedangkan untuk nilai ketrampilan pada siklus I rata-rata 75,59 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,54. Untuk kompetensi pengetahuan ketuntasan klasikal pada siklus I 61,29 % kemudian siklus II 90,32 % ada peningkatan sebesar 29,03 %.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Pujihastuti, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 26–34. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.227

Issue

Section

Articles