Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.227Keywords:
make a match, prestasi belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sragen dengan subyek pesertadidik kelas XI dengan jumlah anak 36 anak. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan,yaitu perencanaan,tahap pelaksanaan, tahap observasi dan yang terakhir tahap analisis dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan skor rata-rata kinerja guru padasiklus I 74,83%mengalamipeningkatanpada siklus II menjadi 81,5% dengan kriteria baik ada peningkatan 6,67% sehingga telah memenuhi indicator penelitian. Rata-rata peran aktif peserta didik dari 67,74 % di siklus I meningkat menjadi 86,45% di siklus II ada bukti peningkatan sebesar18,71%. Sedangkan untuk nilai ketrampilan pada siklus I rata-rata 75,59 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,54. Untuk kompetensi pengetahuan ketuntasan klasikal pada siklus I 61,29 % kemudian siklus II 90,32 % ada peningkatan sebesar 29,03 %.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.