Pengembangan Sekolah melalui Manajeman Talenta di SMK Negeri 1 Pitu

Manajemen talenta

Authors

  • deby - arisma solo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.232

Abstract

Pengembangan Sekolah melalui Manajeman Talenta

di SMK Negeri 1 Pitu

Lamijan

Email: lamijanfisika@gmail.com

  Abstrak

Karya tulis ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai: (1) pengembangan sekolah melalui manajemen talenta, dan (2)hasil atau dampak dari pelaksanaan program pengembangan sekolah melalui manajemen talenta. Karya tulis ini merupakan pengalaman pelaksanaan manajerial di SMK Negeri 1 Pitu dalam bentuk best practice. Pengalaman selama empat tahun melaksanakan program pengembangan sekolah melalui manajemen talenta terdiri atas: (1) pembentukan kesadaran warga sekolah untuk mengakui dan handarbeni sekolah, (2) pemberian peluang mengembangkan diri, (3) perwujudan kepuasan kerja sebagai dampak psikologis dari adanya pengakuan dan peluang, (4) perolehan kompensasi sebagai bentuk penghargaan yang diterima oleh warga sekolah sebagai akibat dari aktivitas-aktivitas pengembangan sekolah. Dampak dari pelaksanaan program pengembangan sekolah melalui manajemen talenta adalah: (1) terbentuknya kesadaran warga sekolah untuk handarbeni sekolah, memiliki keberanian dan keterbukaan dalam memberikan saran untuk kemajuan sekolah, (2) adanya pengembangan diri stakeholders untuk kemajuan sekolah yang ditandai terjalinnya kerjasama sinergis antara sekolah dengan warga sekolah dan berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri, (3) terwujudnya kepuasan kerja stakeholders sebagai dampak peningkatan prestasi sekolah dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, serta (4) adanya perolehan kompensasi yang berupa finansial dan perasaan senang, bangga, dan nyaman menjadi bagian dari SMKN 1 Pitu.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Manajemen Talenta

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

arisma, deby .-. (2021). Pengembangan Sekolah melalui Manajeman Talenta di SMK Negeri 1 Pitu: Manajemen talenta. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 52–61. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.232

Issue

Section

Articles