Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Mengoperasikan Aplikasi Pengolahan Kata melalui Penerapan Metode Drill and Practice pada Kelas X Pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.235Keywords:
Drill And PracticeUntuk Meningkatkan Keaktifan Dan KemampuanMengoperasikanProgram Pengolahan KataAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sragen dengan subjek Peserta Didik kelas X Pemasaran 1. Jumlah Peserta Didik adalah 32 orang. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap obsevasi serta tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, pengunaan Metode Drill And Practice dapat meningkatkan Keaktifan dan KemampuanMengoperasikanAplikasiPengolahan Kata pada peserta didik kelas X PM 1Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sragen. Hal ini didukung oleh hasil penelitian sebagai berikut:Nilai rata-rata aktivitas guru mengalamipeningkatandarisiklus I 75 naik menjadi 83,16 di siklus II, Rata-rata keaktipan peserta didik siklus I 71,88 % naik menjadi 89,99%padasiklus II. Nilai ketrampilan Peserta Didik pada siklus I rata-rata 76,76 menjadi 81,2 pada siklus II. Nilai rata-rata Pengetahuan Peserta Didik pada siklus I 74,75 meningkat menjadi 778 pada siklus II. Ketuntasan klasikalpadasiklus I 71,88 meningkatmenjadi 86 padasiklus II.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 ririn kurnia ririn kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.