Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Peraga Patalsula untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.237Keywords:
hasil belajar, patalsula, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model Problem based learning Berbantuan Alat Peraga Patalsula dalam meningkatkan hasil belajar dan kualitas proses pembelajaran dalam memahami Q.S Luqman 13-14. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuntitatif dengan persentase.Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem based learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama tindakan. Hasil belajar siswa pra siklus menunjukan hasil yang belum optimal, dari 22 orang siswa penilaian hasil belajar, siswa yang tuntas hanya 14 siswa atau mencapai 64 % siswa yang tuntas secara klasikal. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 71 atau dibawah nilai indikator kinerja.Setelah dilakukan tindakan baik siklus 1 dan siklus 2 hasil ketuntasan belajar meningkat dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 yaitu masing-masing 64%, 82%, dan 91%. Pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai yaitu diatas 85,00. Analisis data hasil pengolahan kinerja guru dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran dalam bentuk instrument pengamatan oleh observer juga mencapai skor 80 dengan kategori baik Kondisi ini
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: Refika Aditama.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan: Untuk Guru, Kepala Sekolah, & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim, Muslimin dan Nur, Mohamad. (2000). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
Mujiarso, J. (2014). Peningkatan Aktivitas Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Kesebangunan di Kelas IX B SMP Negeri 1 Samalantan. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol 5, No 1, 1-10.
Rifa’I, Acmad dan Anni, Chatarina Tri. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang Unnes Press.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudikin dkk. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.
Sugiarti, Titik. (1997). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit: Alfabeta Bandung.
Sumitro, Auliyah, dkk. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 9, Bln September, Thn 2017, Hal 1188—1195.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A.( 2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.
Uno, H. B & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta. Bumi Aksara.
Wibawa, Risky Kusama Putra. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Mesin Di Smk Piri Sleman. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hakim, A. B., & Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo, 2, 1–6.
Sukarno. (2014). Peningkatan Kualitas Perkuliahan Melalui Penerapan Model Blended Learning Dengan Aplikasi Learning Management System Pada Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 21(1), 61–70.
Sumartiningsih, S. (2015). Correlation Between Blended Learning Model With The Perspective Of Learning Effectiveness For Nursing Student, 4(6), 4–7.
Wasis D. Dwiyogo. (2014). Analisi Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning ( PBBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 21(1), 71–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.