Pengembangan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca

Authors

  • Galih Pranowo Universitas Veteran Bagun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.240

Keywords:

media flash cards

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media flash cards yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara jawa bagi siswa kelas IV  SD Muhammadiyah Karangduwet Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Setelah melalui tahap produksi diperoleh produk awal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Perolehan data didapatkan dari observasi, angket, tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan  teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian  menunjukan bahwa media flash cards pada uji ahli materi dinilai layak (89,13%) dan ahli media dinilai layak (90%). Selain uji ahli, pada uji coba lapangan utama media ini dinilai layak (93,125%) dan saat uji coba lapangan operasional media ini juga dinilai layak (94%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media flash cards sudah layak sebagai media pembelajaran utntuk meningkatkan kemampuan membaca aksara jawa bagi siswa kelas IV  SD Muhammadiyah Karangduwet Gunungkidul.

References

Arzhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Alman. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menghitung dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tugasku Sehari-Hari Kelas II SD Labschool STKIP. Jurnal Pendidikan, 8(2).

Alwa, M., & Man, id. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Materi Jinayah melalui Metode Index Card Match. In Indonesian Journal of Instructional Media and Model (Vol. 1, Issue 2). www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm

Anggia, R., Monica, I., Syahruddin, D., & Ridwan Sutisna, M. (n.d.). ANALISIS KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca

Basuki Wibawa dan Farida Mukti. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Dio A. Fajar. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2, 1–13. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm

Miftachul Ulah. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A Ra Roudlotul Islamiyah Sidoarjo. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unnesa

Nana Syaodih S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nunu, O., Dosen, M., Tarbiyah, F., Uin, K., & Riau, S. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran).

Saputra, N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Sigli, A.-H. (n.d.). Penerapan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 41 Pidie. www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edudikara

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syamsul Maarif SMP Negeri, I. (n.d.). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR). www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edudikara

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Pranowo, G. (2021). Pengembangan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 129–139. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.240

Issue

Section

Articles