Pengembangan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.240Keywords:
media flash cardsAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media flash cards yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara jawa bagi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangduwet Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Setelah melalui tahap produksi diperoleh produk awal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Perolehan data didapatkan dari observasi, angket, tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media flash cards pada uji ahli materi dinilai layak (89,13%) dan ahli media dinilai layak (90%). Selain uji ahli, pada uji coba lapangan utama media ini dinilai layak (93,125%) dan saat uji coba lapangan operasional media ini juga dinilai layak (94%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media flash cards sudah layak sebagai media pembelajaran utntuk meningkatkan kemampuan membaca aksara jawa bagi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangduwet Gunungkidul.
References
Arzhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Alman. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menghitung dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tugasku Sehari-Hari Kelas II SD Labschool STKIP. Jurnal Pendidikan, 8(2).
Alwa, M., & Man, id. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Materi Jinayah melalui Metode Index Card Match. In Indonesian Journal of Instructional Media and Model (Vol. 1, Issue 2). www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm
Anggia, R., Monica, I., Syahruddin, D., & Ridwan Sutisna, M. (n.d.). ANALISIS KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca
Basuki Wibawa dan Farida Mukti. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Dio A. Fajar. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2, 1–13. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm
Miftachul Ulah. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A Ra Roudlotul Islamiyah Sidoarjo. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unnesa
Nana Syaodih S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nunu, O., Dosen, M., Tarbiyah, F., Uin, K., & Riau, S. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran).
Saputra, N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Sigli, A.-H. (n.d.). Penerapan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 41 Pidie. www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edudikara
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syamsul Maarif SMP Negeri, I. (n.d.). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR). www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edudikara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.