Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.246Keywords:
keterampilan menulis, menulis puisi, discovery learningAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penerapan metode discovery learning keterampilan menulis puisi peserta didik. Pembelajaran adalah salah satu cara pendidikan dalam upayanya untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Potensi tersebut ditingkatkan menjadi kepandaian yang berkompeten, baik dari bidang sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Metode discovery learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis. Menulis puisi adalah salah satu kreativitas di bidang sastra yang mencerminkan hasil pengalaman, pengetahuan, dan perasaan penyairnya yang dibentuk menjadi sebuah puisi. Pembelajaran tentang menulis puisi terdapat pada materi siswa kelas X Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.