Pengaruh Persepsi Siswa atas Kreativitas Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.253Keywords:
minat belajar, hasil belajar IPA, persepsi siswa atas kreativitas guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh langsung dan tak langsung persepsi siswa atas kreativitas guru dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Penelitian ini memiliki hipotesis : (1) terdapat pengaruh langsung signifikan persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap minat belajar, (2) terdapat pengaruh langsung signifikan persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar IPA; (3) terdapat pengaruh langsung signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis jalur (path analysis). Populasi adalah siswa SMP Kristen Kanaan Jakarta TA 2020/2021 yang berjumlah 140 siswa . Jumlah sampel adalah 50 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner daring dan hasil belajar IPA yang diambil dari nilai semester 2. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa atas kreativitas guru dan minat belajar memberi pengaruh besar terhadap hasil belajar IPA. Persepsi siswa atas kreativitas guru memberi pengaruh 55,5% terhadap hasil belajar IPA, sedangkan minat belajar memberi pengaruh 30,3% terhadap hasil belajar IPA. Besarnya pengaruh tak langsung persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar IPA adalah sebesar 25,1%. Pengaruh total persepsi siswa terhadap kreativitas guru dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA adalah sebesar 76,9%. Sedangkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (1) terdapat pengaruh langsung persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap minat belajar siswa; (2) terdapat pengaruh langsung persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar IPA; (3) terdapat pengaruh langsung minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA bisa ditingkatkan dari persepsi siswa atas kreativitas guru dan minat belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.