PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Nurbani Nurbani IKIP PGRI Pontianak
  • Risyad Mukcram

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.3

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui: (1) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan media Interaktif dan model pembelajaran konvensional (2) perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Auditory Intellectually Repetition berbantuan media Interaktif dan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Eksperimen dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dan rancangan yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pontianak yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampel yaitu Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VII D dan kelas kontrol adalah kelas VII A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran. Hasil belajar kelas eksperimen yang diberikan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media Interaktif  lebih tinggi dengan nilai rata-rata 79,78 dari pada kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 72,22. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media Interaktif dan model pembelajaran konvensional di kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pontianak dengan nilai signifikansi 0,019 lebih kecil dari 0,05

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Nurbani, N., & Mukcram, R. (2018). PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 223–230. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.3

Issue

Section

Articles