Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.315Keywords:
Pendidikan, SDM, PengembanganAbstract
Kualitas sumber daya manusia merupakan bagian paling penting dari setiap inti pengembangan, karena hanya sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat mempercepat pembangunan nasional. Jumlah penduduk yang besar hanya akan menjadi beban pengembangan jika kualitasnya tidak memadai. Sumber daya manusia diharapkan mampun beradaptasi dengan paradigma revolusin industri. Pada era selanjutnya terdapat prioritas yang lebih tinggi akan diberikan pada pemberdayaan sumber daya manusia dengan kemampuan berpikir tingkat lanjut untuk beradaptasi dengan tantangan masa depan Penelitian ini menggunakan metoden penelitia deskriptif kualitatif. Serta literatur pendukung yang mungkin relevan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian deskriptif merupakan gambaran yang jelas tentang apa yang diteliti. Penelitian dengan metode penelitian kualitatif peneliti menggunakan wawancara mendalam dan penelusuran literatur sebagai alat bantu pengumpulan data. Data yang diperoleh selama investigasi dapat dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah Peningkatan mutu sumber daya manusia salah satunya tenaga pendidik merupakan perwujudan capacity building yang ditujukan untuk penguatan tenaga dosen melalui pengembangan keterampilan (kinerja) dan tanggung jawab yang berbeda, serta suasana yang sinergis dengan pemerintahh(kotamadya) dan guru. Upaya optimalisasi kinerja guru secara berkelanjutan merupakan factor kunci peningkatan mutu pendidikan dibandingkan faktor lainnya.
References
Alwy, M. A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Digital Melalui Lensa Manajer Sumber Daya Manusia Generasi Berikutnya. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(10), 2265–2276.
Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fatahillah, M. A., & Padang, A. T. (2021). Analisis Tentang Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia. Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah, 2(2), 402–413.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59.
Hidayat, R. (2020). Implementasi Servqual Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pada Manajemen Pemasaran Pendidikan. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 41–62.
Kasmiati. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru di MIS Salamah Kec . Alam Barajo Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12915–12923.
Ma’rifah, I. (2020). Peran sastra dalam membangun karakter bangsa (Perspektif Pendidikan Islam). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04(2), 172–188.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 Di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107–126.
Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia. Jurnal EduTech, 6(1), 109–114.
Putra, Y. D., & Sobandi, A. (2019). Pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja ( The development of human resources as a factor affecting work productivity ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 127–133. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14963
Setiawati, Y., Ulfa, M., & Ariyanto, A. (2022). Pengelolaan Pendanaan Pendidikan. Journal Yudha English Gallery, 82–94.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi untuk. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 397–407.
Suwandi, S. (2019). Mereduksi Benturan Kecerdasan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.01. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(p).
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 Menuju Era Society 5 . 0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.
Yuliyati, E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management Di Smk Muhammadiyah Prambanan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 24–35.
Zubaidah, S. (2019). STEAM ( Science , Technology , Engineering , Arts , and Mathematics ): STEAM ( Science , Technology , Engineering , Arts , and Mathematics ): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 elfina saely
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.