Pendidikan Karakter Islam Siswa Sekolah Dasar dalam Kajian Filsafat Idealisme
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.322Keywords:
Pendidikan Karakter Islam, Siswa Sekolah dasar, Filsafat IdealismeAbstract
Filsafat Idealisme adalah sistem filsafat yang menekankan pentingnya keunggulan pikiran (mind). Pikiran adalah wujud yang dapat mewujudkan dunia, bahkan sebagai katalisator dan penggerak semua perilaku manusia. Sepanjang sejarah, filsafat idealisme berkaitan dengan agama karena sama-sama menitikberatkan pada aspek spiritual. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keterkaitan pendidikan karakter islam siswa sekolah dasar dalam filsafat idealisme. Metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu metode kualitatif, yaitu pendekatan penelitian kepustakaan, penelitian yang tidak menyimpan data perhitungan secara kuantitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan sebagai literature. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa karakter religius dangat berkaitan dengan akhlak atau budi pekerti seseorang. Materi pendidikan tentang akhlak dalam mengembangkan kebajikan adalah sikap untuk berusaha mencapai kesempurnaan diri, sikap adil, tidak memihak, sikap memahami kesamaan terhadap manusia. Metode pembelajaran menurut isi idealisme, metode dialektika, dialog, diskusi, dan metode lainnya dapat digunakan untuk memperluas pemikiran siswa.
Kata kunci: Pendidikan Karakter Islam, Siswa Sekolah dasar, Filsafat Idealisme
References
Busroli, A. (2019). Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Dan Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia. AT-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 71–94.
Henita, N., Desyandri, D., Erita, Y., & Indriani, E. (2022). Implementasi Filsafat Pendidikan Pada Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02), 2285–2295.
Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), 6(1), 19–31.
Krisdiana, M., Malihah, S., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar Mega. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 6561–6567.
Maghfiroh, L. (2019). Hakikat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan islam. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 21–36.
Malik, A. S., & Latifah, E. D. (2022). Merdeka Belajar : Kajian Filsafat Tujuan Pendidikan dan Implikasinya. Azmina: Jurnal Perbankan Syariah, 1(2), 99–117.
Mubin, A. (2019). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 25–39.
Mugiarto, M., Sauri, S., Fatkhullah, F. K., Al-Muhtad, F., & Masyudi, M. (2021). VISI PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILOSOFI, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 6(2), 179–199.
Mulham, M. N. A. (2022). Konsep Etika dalam Konsumsi Menurut Imam Al-Ghazali. Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE.
Muslim, A. (2020). TELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN ESENSIALISME DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Visionary (VIS), 10(2), 37–41.
Nadjih, D., Bowo, A. N. A., Salamudin, S., Audy, C., Harahap, R., Utami, S., Indrayani, R., Saleh, F., Yako, S., Suhaimi, S., & Sayuti, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Murid Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah (MTsNU). 10, 59–70.
Nasihatun, S. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif islam dan strategi implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2), 321–336.
Novita, A., & Bakar, M. Y. A. (2021). Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 12–22.
Padhil, M., Padang, R., & Guchi, Z. (2022). Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Taushiah FAI UISU, 12(2), 18–30.
Pratiwi, W. O., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Menelaah Tujuan Pendidikan Indonesia Dari Perspektif Filsafat Barat dan Islam:Study Komparatif Pemikiran Plato dan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1), 61–74.
Purwati, I., & Fauziati, E. (2022). Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Perspekif Filsafat Idealisme. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2274–2284. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.540
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. In Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Shagena, A., & Syarifuddin, S. (2022). Peran Filsafat Idealisme Serta Implementasinya Pada Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 45–54.
Suhaimi, A. (2019). Concept of Idealism philosophy in islamic education According to Imam Al-Ghozali. Utopía y Praxis Latinoamericana: Revista Internacional de Filosofía Iberoamericana y Teoría Social, 5, 359–369.
Yuninda, D., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Perspekif Filsafat Idialisme. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 2661–2668.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 prihartinibudi09 Ismanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.