Nilai Pendidikan Pada Q.S. Ar-Ra’ad Ayat 28 dan Relevenasinya terhadap Pendidikan Moral dan Spritual

Authors

  • Abdul Aziz Ridha FAI Unismuh Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.363

Keywords:

Nilai Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Spiritual

Abstract

Salah satu aspek pendidikan yang harus menjadi perhatian dalam proses pendidikan yaitu Pendidikan Moral dan Spiritual, moral dan spiritual yang baik akan memberikan dampak positif dalam proses belajar mengajar, dan sebagai umat islam Al Qur’an telah memberikan pedoman dalam membina moral dan spiritual, salah satu ayat di dalam Al Qur’an yang bisa dijadikan acuan terletak pada Q.S Ar-Ra’ad ayat 28. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Pada Q.S Q.S Ar-Ra’ad ayat 28 dan Relevansinya terhadap Pendidikan Moral dan Spiritual. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dimana menelaah pustaka-pustaka yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan pada Q.S Ar-Ra’ad ayat 28 diantaranya Keimanan, ketentraman hati, Mengingat Allah, Integrasi nilai-nilai spiritual, mengatasi stress dan kecemasan, serta membentuk karakter yang baik. Relevansinya dalam dunia pendidikan moral dan spiritual diantaranya adalah dengan memiliki keimanan maka hati akan menjadi tenang, selain itu dilakukan juga pembiasaan ibadah dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk mengingat Alllah, karena dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tenang, dengan hati yang tenang maka anak-anak akan tenang dalam mengahadapi segala permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menawarkan panduan praktis untuk mengimplementasikan dalam konteks pendidikan moral dan spiritual, yang pada akhirnya berkontribusi pada pembentukan individu yang berkarakter dan stabil secara emosional.

References

Al Qur'anul Karim.

Apriani, W., Syahputri, D. D., & Rahmah, S. R. (2023). IMPLIKASI PENDIDIKAN MORAL DAN SPIRITUAL TERHADAP PENDIDIKAN DI MIS NURUL ARAFAH. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(1), 58–64. https://doi.org/10.56832/pema.v3i1.324

Arkal, A., Kasim, A., & Abunawas, K. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan pada Ayat-Ayat Tasybih dalam Surah Al Baqarah (Analisis Ilmu Bayan). ISTIQRA, 10(1), 61–73. https://doi.org/10.24239/ist.v10i1.943

Astuti, F. R. F., Aropah, N. N., & Susilo, S. V. (2022). Pendidikan Moral Sebagai Landasan Nilai Karakter Berprilaku. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), Article 1.

Firmansyah, Mokh (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90. https://doi.org/10.17509/tk.v17i2.43562

Imam Al Qurthubi. (2007). Tafsir al Qurthubi jilid 2. Pustaka Azzam.

Imam Asy Syaukani. (2008). Tafsir Fathul Qadir. Pustaka Azzam.

Imam Ibnu Katsir. (2004). Tafsir Ibnu Katsir. Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Imam Ibnu Katsir. (2017). Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adzim. Insan Kamil.

Indana, N., Fatikah, N., & Ba’dho, A. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM: (Analisis Buku Misteri Banjir Nabi Nuh Karya Yosep Rafiqi). Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1.

Ita, J., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL DAN SPIRITUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE PEMBIASAAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3285

M. QURAISH SHIHAB. (2021). TAFSIR AL-M ISHBAH. Penerbit Lentera Hati.

Nasri, N. (2022). Implementasi Nilai-nilai Spiritual dalam Pendidkan (Studi Kasus MTs. Barakatul Walidain Rarangan Pijot Lombok Timur). Al-DYAS, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.58578/aldyas.v1i1.820

Sam, S. (2020). KONSEP KESEHATAN MENTAL DALAM AL-QUR’ĀN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 18–29. https://doi.org/10.30863/attadib.v1i2.961

Suraji, R., & Sastrodiharjo, I. (2021). Peran spiritualitas dalam pendidikan karakter peserta didik. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 570. https://doi.org/10.29210/020211246

Surikno, H., Nurdin, S., & Miska, R. (2022). HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MAKNA, DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, 12(1), 225–256.

Syahid Sayyid Quthb. (2000). Tafsir fi zhilalil-Qur’an. Gema Insani Press.

Widat, F., & Dayyani, M. (2022). PENANAMAN NILAI MORAL DAN SPIRITUAL ANAK MELALUI SERIAL ANIMASI ISLAMI. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 14. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.729

Tafsirweb.com

Zulmuqim, Z., Zalnur, M., Aroka, R., & Desman, D. (2022). Hakikat Pendidikan Islam: Dasar, Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam serta Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11721–11731. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10322

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ridha, A. A. (2024). Nilai Pendidikan Pada Q.S. Ar-Ra’ad Ayat 28 dan Relevenasinya terhadap Pendidikan Moral dan Spritual . Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 65–70. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.363

Issue

Section

Articles