ROLE PLAYING : METODE PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.369Keywords:
IPAS, Minat, Bermain PeranAbstract
Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menerapkan metode role playing sebagai upaya untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian tindakan kelas kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar dan observasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Ditemukan pada kelas IV di SDN Puhgogor 01 Sukoharjo terdapat di minat belajar mata pelajaran IPAS yang masih rendah dengan rata-rata minat belajar 55%. Berdasarkan wawancara yang dilakukan bersama guru, didapatkan hipotesis bahwa yang mempengaruhi minat belajar peserta didik diantaranya ialah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif sehingga peserta didik tidak tertarik dalam pembelajaran. Setelah penerapan metode role playing secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dari 55% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 3, dengan kategori peingkatan dari cukup baik menjadi baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran role play efektif dalam meningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan minat belajar peserta didik dalam pendidikan dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 apriliamia rinjani, singgih subiyantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.