ROLE PLAYING : METODE PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • apriliamia rinjani Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • singgih subiyantoro Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.369

Keywords:

IPAS, Minat, Bermain Peran

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menerapkan metode role playing sebagai upaya untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian tindakan kelas kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar dan observasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Ditemukan pada kelas IV di SDN Puhgogor 01 Sukoharjo terdapat di minat belajar mata pelajaran IPAS yang masih rendah dengan rata-rata minat belajar 55%. Berdasarkan wawancara yang dilakukan bersama guru, didapatkan hipotesis bahwa yang mempengaruhi minat belajar peserta didik diantaranya ialah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif sehingga peserta didik tidak tertarik dalam pembelajaran. Setelah penerapan metode role playing secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dari 55% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 3, dengan kategori peingkatan dari cukup baik menjadi baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran role play efektif dalam meningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan minat belajar peserta didik dalam pendidikan dasar.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

rinjani, apriliamia, & singgih subiyantoro. (2024). ROLE PLAYING : METODE PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR . Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 119–126. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.369

Issue

Section

Articles