Strategi Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini

Authors

  • Usri Manit Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Rebeka F. Hawali Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Deviana Sibulo Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • fredericksen amseke Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.371

Keywords:

Strategi Guru, Kemandirian Anak, Anak Usia Dini

Abstract

Kemandirian harus ditanamkan pada anak sejak usia dini untuk menghindari sikap bergantung pada orang dewasa dan menanamkan rasa kemandirian juga dapat membantu mereka mencoba hal-hal baru dengan pengawasan orang dewasa yang diperoleh melalui proses realisasi kemandirian dan proses menuju kesempurnaan sehingga sikap mandiri penting dimiliki oleh setiap anak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru PAUD dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi dengan subjek dua orang guru PAUD dan sepuluh anak. Data yang telah dikumpulkan kemudiaan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan metode tanggung jawab, metode belajar melalui bermain, metode apresiasi, guru menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan kondusif bagi anak, dan guru menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua untuk mendukung kemandirian anak usia dini. Capaian perkembangan kemandirian anak usia dini di Kelompok Bermain Taruna Elim Kuanino, mayoritas sudah dalam kategori berkembang sesuai harapan. Tetapi masih terdapat beberapa anak kemandiriannya pada kategori mulai berkembang.

References

Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Dikdaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62 :https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Djamarah, Z. A. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Katni. (2015). Strategi Pendidikan Kemandirian Anak. MUADDID, 5(1).

Rahma, A.F. (2023) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO

Risaldy, S. (2014). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima

Robiyati. (2021). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kuantitatif dan Rnd”. Bandung: Alfabeta.

Thamrin & Ali (2020). Peningkatan Tanggung Jawab Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Zahrotunnisa. (2021). Strategi Guru dalam melatih kemandirian anak usia dini pada kelompok B2 di Tk Al-Hidayah Bakung Udanawu Blitar”, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Manit, U. ., Hawali, R. F. ., Sibulo, D. ., & amseke, fredericksen. (2024). Strategi Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 127–133. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.371

Issue

Section

Articles