Strategi Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.371Keywords:
Strategi Guru, Kemandirian Anak, Anak Usia DiniAbstract
Kemandirian harus ditanamkan pada anak sejak usia dini untuk menghindari sikap bergantung pada orang dewasa dan menanamkan rasa kemandirian juga dapat membantu mereka mencoba hal-hal baru dengan pengawasan orang dewasa yang diperoleh melalui proses realisasi kemandirian dan proses menuju kesempurnaan sehingga sikap mandiri penting dimiliki oleh setiap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru PAUD dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi dengan subjek dua orang guru PAUD dan sepuluh anak. Data yang telah dikumpulkan kemudiaan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan metode tanggung jawab, metode belajar melalui bermain, metode apresiasi, guru menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan kondusif bagi anak, dan guru menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua untuk mendukung kemandirian anak usia dini. Capaian perkembangan kemandirian anak usia dini di Kelompok Bermain Taruna Elim Kuanino, mayoritas sudah dalam kategori berkembang sesuai harapan. Tetapi masih terdapat beberapa anak kemandiriannya pada kategori mulai berkembang.
References
Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Dikdaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62 :https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Djamarah, Z. A. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Katni. (2015). Strategi Pendidikan Kemandirian Anak. MUADDID, 5(1).
Rahma, A.F. (2023) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di KB Tunas Pertiwi Josari Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO
Risaldy, S. (2014). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima
Robiyati. (2021). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kuantitatif dan Rnd”. Bandung: Alfabeta.
Thamrin & Ali (2020). Peningkatan Tanggung Jawab Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Zahrotunnisa. (2021). Strategi Guru dalam melatih kemandirian anak usia dini pada kelompok B2 di Tk Al-Hidayah Bakung Udanawu Blitar”, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Usri Manit, Rebeka F. Hawali, Deviana Sibulo, fredericksen amseke

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.