KEEFEKTIFAN MEDIA ARTIKEL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH PIDATO
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.43Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis. Tujuan umum penelitian meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato mengunakan media artikel. Metode penelitian deskriptif. Bentuk penelitian tindakan kelas. Subjeknya mahasiswa semester 1, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hasil penelitianpeningkatan rata-rata kemampuan kognitif dalam menulis naskah pidato yaitu:awal siklus rata-rata kelasnya 22, siklus I rata-rata kelasnya 29, dan siklus II rata-rata kelasnya 34. Dari hasil observasi rata-rata siswa telah menulisdengan benar. Pada prasiklus peningkatkan motivasi20,8 %, siklus I 70,90 %, dan siklus II 90,20 %. Dari hasil obsevasi Padasiklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang drastis yang disebabkan mahasiswa telahmampu menulis dengan latihan dan praktik.. Hasil pengamatan siklus I, dansiklus II, terjadi kenaikan rata-rata kelas pada setiap siklus. Penelitian tindakankelas ini dengan media artikel dapat meningkatkankemampuan menulis naskah pidato.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.