KEEFEKTIFAN MEDIA ARTIKEL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH PIDATO

Authors

  • Nurul Setyorini
  • Suci Rizqiana

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.43

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis. Tujuan umum penelitian  meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato mengunakan media artikel. Metode penelitian deskriptif.  Bentuk  penelitian tindakan kelas. Subjeknya mahasiswa semester 1, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hasil penelitianpeningkatan rata-rata kemampuan kognitif dalam menulis naskah pidato yaitu:awal siklus rata-rata kelasnya 22, siklus I rata-rata kelasnya 29, dan siklus II rata-rata kelasnya 34. Dari hasil observasi rata-rata siswa telah menulisdengan benar. Pada prasiklus peningkatkan motivasi20,8 %, siklus I 70,90 %, dan siklus II 90,20 %. Dari hasil  obsevasi Padasiklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang drastis yang disebabkan mahasiswa telahmampu menulis dengan latihan dan praktik.. Hasil pengamatan siklus I, dansiklus II, terjadi kenaikan rata-rata kelas pada setiap siklus. Penelitian tindakankelas ini  dengan media artikel dapat meningkatkankemampuan menulis naskah pidato. 

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Setyorini, N., & Rizqiana, S. (2017). KEEFEKTIFAN MEDIA ARTIKEL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH PIDATO. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 137–145. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.43

Issue

Section

Articles