PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEBIASAAN BELAJARMAHASISWA

Authors

  • Panggih Wahyu Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.48

Abstract

Proses pendidikan di berbagai jenjang pendidikan tidak terlepas dari proses belajar. Dunia pendidikan belajar merupakan hal yang sangat penting, karena menyangkut proses belajar dan membelajarkan. Dalam proses belajar perlu adanya latihan, semakin dilatih maka dapat diprediksikan hasilnya akan lebih baik. Untuk mendapatkan hasil yang baik metode dan strategi belajar tidak hanya dilakukan sekali, akan tetapi dilakukan secara teratur dan berkesinambungan yang pada akhirnya akan menjadi suatu kebiasaan belajar. Oleh karena itu perlu disusun suatu instrument yang dapat mengukur kebiasaan belajar mahasiswa. Instrument tersebut diharapkan dapat mendeteksi permasalahan-permasalahan mahasiswa terkait dengan kebiasaan belajar mereka. Dengan masalah yang telah terdeteksi maka dosen pembimbing akademik dapat membantu permasalahan mahasiswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen kebiasaan belajar. Produk dari penelitian ini berupa  skala kebiasaan belajar mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan skala kebiasaan belajar mahasiswa. Perancangan produk dilakukan melalui 4 tahap yaitu penelitian awal, perencanaan, dan pengembangan produk awal, uji kelayakan dan revisi produk. Hasil penelitian  berupa alat ukur yang digunakan untuk melihat kebiasaan belajar siswa adalah alat ukur yang berisisi tentang merencanakan belajar, melaksanakan belajar, evaluasi hasil dan proses belajar dan kedisiplinan belajar. Instrumen ini terdiri dari 72 item yeng mewakili setiap indikator dari variable kebiasaan belajar.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Nugroho, P. W. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEBIASAAN BELAJARMAHASISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 191–200. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.48

Issue

Section

Articles